Beranda / Edukasi

Mengapa Tanggal 21 April Diperingati Sebagai Hari Kartini? Simak Informasinya

edukasi.terasjakarta.id - Selasa, 2 April 2024 | 17:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang menjadi hari di mana untuk mengenang lahirnya Pahlawan Nasional Wanita, Raden Ajeng Kartini. (Dok. Kemdikbud)

Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang menjadi hari di mana untuk mengenang lahirnya Pahlawan Nasional Wanita, Raden Ajeng Kartini. (Dok. Kemdikbud)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini menjadi salah satu hal yang sangat bersejarah untuk bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April ini adalah waktu untuk mengenang semua perjuangan Kartini yang telah mencapai kesetaraan di antara laki-laki dan perempuan, khususnya dalam bidang pendidikan.

Tidak hanya itu, dalam peringatan tersebut yang diadakan setiap tahunnya menjadi hari di mana untuk mengenang lahirnya Pahlawan Nasional Wanita, Raden Ajeng Kartini.

Baca Juga : 15 Ucapan Hari Kartini 2023 yang Penuh Makna

Seperti yang diketahui, Raden Ajeng Kartini sendiri merupakan salah satu Pahlawan Nasional yang termasuk berjasa dalam memajukan hak dan kehidupan wanita di Indonesia.

Mengutip dari laman resmi Kemdikbud, diketahui bahwa pada tanggal 2 Mei 1964 menjadi hari di mana Raden Ajeng Kartini telah ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia melalui Keputusan dari Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964.

Saat itu, Presiden Soekarno juga menetapkan hari lahir Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 1879 sebagai Hari Kartini yang masih diperingati hingga sekarang.

Sosok Raden Ajeng Kartini

Melansir dari laman Kemdikbud, Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pad 21 April 1879. Kartini sendiri merupakan putri dari seorang bangsawan yang bernama Raden Mas Sosroningrat yang menikah dengan Mas Ajeng Ngasirah.

Kartini digambarkan sebagai sosok wanita yang sangat antusias dengan ilmu pengetahuan dan juga pendidikan. Diketahui kartini sangat gemar menulis dan membaca.

Raden Ajeng kartini juga telah mengembangkan ilmu pengetahuannya dengan mencoba belajar membaca dan menulis bersama teman perempuannya.

Saking tidak pernah patah semangat dan rasa keingintahuan yang begitu besar, membuat Kartini ingin terus membaca surat kabar, buku dan juga majalah Eropa yang di mana saat itu terlintas ide dalam pikirannya untuk memajukan wanita-wanita Indonesia dari keterbelakangan.

Raden Ajeng Kartini dan Pernikahannya

Ide untuk memajukan wanita-wanita Indonesia itu membuatnya sempat menuliskan beberapa surat untuk Mr. J. H Abendanon dan memohon kepadanya agar diberikan beasiswa supaya bisa melanjutkan pendidikan di Belanda.

Sudah mendapat kesempatan untuk belajar di negeri kincir angin, namun kesempatan itu menghilang setelah Kartini justru dinikahkan oleh kedua orangtuanya dengan laki-laki bernama Raden Adipati Joyodiningrat.

Setelah menikah, Kartini diboyong oleh sang suami ke daerah Rembang. Beruntungnya, di sana sang suami mendukung semua keinginan Kartini untuk memperjuangkan pendidikan dan martabat perempuan.

Kartini Mendirikan Sekolah

Di tahun 1912, Yayasan dari Kartini mendirikan Sekolah Wanita yang diberi nama 'Sekolah Kartini' yang mana sekolah tersbeut disebar ke beberapa wilayah seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun dan Cirebon.

Sebelumnya, diketahui setelah Kartini wafat, Mr. J. H Abendanon mengumpulkan surat-surat dari Kartini untuk teman-temannya di Eropa, dan dijadikan buku olehnya dengan diberi judul 'DOOR DUISTERNIS TOT LICHT' yang artinya, Habis Gelap Terbitlah Terang.

Tak hanya itu, sebagai bentuk penghormatan atas jasa Kartini, pemerintah menetapkan jika setiap tanggal 21 April akan diperingati sebagai Hari Kartini.

Itulah sejumlah informasi mengenai pertanyaan terkait mengapa tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Semoga membantu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link