Beranda / Edukasi

Bacaan Doa Ramadan Hari ke-18 dan 19, Meminta agar Diterangkan Hatinya

edukasi.terasjakarta.id - Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Doa

Bacaan doa Ramadan hari ke-18. (Foto: Freepik)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Marhaban Ya Ramadan! memasuki hari ke-18 Ramadan, umat Islam di seluruh penjuru negeri senantiasa terus meningkatkan ibadah dan perbanyak doa-doa.

Hari ini, umat Islam di Indonesia telah memasuki hari ke-18 Ramadan yang bertepatan pada Jumat, 29 Maret 2024.

Pada hari ke-18 Ramadan, umat Muslim bisa melafalkan doa untuk memohon kepada Allah SWT agar diterangkan hatinya dengan cahaya.

Selain itu, umat Islam dapat memohon untuk dijadikan hamba yang selalu berada di sisi Allah SWT dan mendekatkan diri pada-Nya.

Baca Juga : Bacaan Doa Ramadan Hari ke-17 Arab, Latin dan Terjemahannya, Memohon agar Hajatnya Dikabulkan

Selama bulan Ramadan, Allah SWT senantiasa mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang memohon kebaikan dan meminta keberkahan.

Allah SWT juga membuka pintu surga dan pintu taubat bagi hamba-Nya yang ingin kembali ke jalan kebaikan.

Di bulan suci ini, umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia juga akan melaksanakan ibada puasa selama satu bulan penuh.

Baca Juga : Bacaan Doa Ramadan Hari ke-16 Arab, Latin dan Terjemahannya, Memohon agar Dijauhkan dari Perbuatan Kejam

Puasa merupakan ibadah yang dapat dilakukan umat Islam dengan cara menahan hawa nafsu seperi makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkannya.

Puasa dilakukan saat terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Ibadah puasa Ramadhan wajib dilaksanakan bagi mereka yang telah baligh, berakal sehat, dan mampu secara fisik.

Adapun perintah untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan tertuang dalam kitab suci Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Baca Juga : Bacaan Doa Ramadan Hari ke-15 Arab, Latin dan Terjemahannya, Mohon Dibukakan Pintu Taubat

Doa Ramadan Hari ke-18

Berikut bacaan doa hari ke-18 Ramadan yang berisi permohonan agar hati diterangi cahaya Allah SWT.

اَللَّهُمَّ نَبِّهْنِيْ فِيْهِ لِبَرَكَاتِ أَسْحَارِهِ وَ نَوِّرْ فِيْهِ قَلْبِيْ بِضِيَاءِ أَنْوَارِهِ وَ خُذْ بِكُلِّ أَعْضَائِيْ إِلَى اتِّبَاعِ آثَارِهِ بِنُوْرِكَ يَا مُنَوِّرَ قُلُوْبِ الْعَارِفِيْنَ

Arab Latin: Allâhumma nabbihnî fîhi libarakâti ashârihi wa nawwir fîhi qalbî bidhiyâi anwârihi wa khudz bikulli a'dhâî ilat tibâ'I âtsârihi binûrika yâ munawwiral qulûbi ârifîn.

Artinya: Ya Allah sadarkanlah aku untuk mengetahui berkat yang ada pada waktu sahur. Terangilah hati-ku dengan cahaya-Mu yang lembut. Jadikanlah seluruh anggota badanku dapat mengikuti cahaya itu. Wahai Penerang hati sanubari.

Doa Ramadan Hari ke-19

Berikut doa Ramadan hari ke-19 meminta keberkahan dan kebaikan Allah SWT.

اللَّهُمَّ وَفِّرْ فِيهِ حَظِّيٌّ مِنْ بَرَكَاتِهِ وَ سَهِّلْ سَبِيلِي إِلَى خَيْرَاتِهِ وَ لَا تَحْرِمْنِي قَبُولَ حَسَنَاتِهِ يَا هَادِيًا إِلَى الْحَقِّ الْمُبِينِ

Arab Latin: Allâhumma waffir hadzdzî min barakâtihi wa sahhil sabîlî ilâ khayrâtihi walâ tahrimnî qabûla hasanâtihi yâ hâdiyan ilal haqqil mubîn.

Artinya: Ya Allah, sempurnakanlah bagianku di bulan ini dengan berkahnya, permudahlah jalanku untuk menempuh kebaikannya, dan janganlah Kau halangi diriku untuk menerima kebaikannya, wahai Penunjuk Jalan kepada kebenaran yang nyata.

Membaca doa-doa Ramadhan adalah suatu saran untuk meningkatkan iman serta ketakwaan diri kepada Allah SWT serta mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Selain doa tersebut, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, membaca Al-Quran, dan melakukan amal kebajikan sebagai bagian dari ibadah selama bulan Ramadhan.

Semoga bulan suci ini menjadi kesempatan bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah, memperbaiki diri, dan meningkatkan ketakwaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link