Beranda / Edukasi

Bacaan Doa Hari Kedua Puasa Ramadhan 1445 H/2024 Arab, Latin dan Terjemahannya

edukasi.terasjakarta.id - Rabu, 13 Maret 2024 | 07:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
masjid,lorong,tahun baru islam,muharram

Bacaan doa hari kedua puasa Ramadhan lengkap arab, latin, dan terjemahannya. (Foto: Unsplash)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Marhaban Ya Ramadan! memasuki bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 mari kita jaga diri dengan berdoa meminta perlindungan Allah SWT.

Ramadhan menjadi salah saru bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Pada bulan ini, Allah SWT akan membuka pintu surga dan pintu taubat bagi hamba-Nya yang ingin kembali ke jalan kebaikan.

Baca Juga : 5 Peristiwa Penting Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadhan, Umat Muslim Wajib Tahu!

Hal ini juga dijelaskan dalam hadist yang diriwayarkan oleh Muslim:

"Apabila Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu." (HR. Muslim).

Puasa Ramadhan

Selain itu, di bulan suci ini muat Islam diseluruh penjuru negeri akan melaksanakan ibadah puasa yang wajib dilaksankan setiap Ramdhan.

Puasa Ramadhan ini wajib dilaksankan setipa umat Islam yang sudah baligh dan berakal sehat, perintah tersebut juga tertuang dalam rukun Islam dan tercatat dalam Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Baca Juga : Bacaan Doa Hari Pertama Puasa Ramadhan 1445 H, Memohon Ampunan dan Kebaikan Allah SWT

Ibadah puasa juga dipandang sebagai cara untuk belajar tentang kesabaran, menghentikan kebiasaan buruk, dan solidaritas terhadap mereka yang tidak mampu.

Adapun niat untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:

تَعَالَى  ِللهِ رَمَضَانً فَرْضَ قَضَاءٍ عَنْ غَدٍ صَوْمَ نَوَيْتُ

Nawaitu shaumaghodin anqada’in fardho romadhona lillahi ta’ala

Artinya: Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardu Ramadhan karena Allah ta'ala

Bacaan Doa Hari Kedua Puasa Ramadhan

Berikut bacaan doa puasa Ramadhan yang dapat dipanjakan di hari kedua puasa Ramadhan.

اللَّهُمَّ قَرِّبْنِي فِيهِْ إِلَى مَرْضَاتِكَ وَجَنِّبْنِي فِيْهِ مِنْ سَخَطِكَ وَنَقَمَاتِكَ وَوَفِّقْنِي فِيْهِ لِقِرَائَةِ آيَاتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Allahumma qaribnii fiihi ilaa mardhaatika wajannibnii fiihi min sakhatika wa naqamaatika wa waffiqnii fiihi liqiraatii aayaatika birahmatika ya arhamar raahimiin.

Artinya: "Ya Allah, dekatkanlah aku pada ketaatan-Mu di dalamnya, jauhkanlah aku dari kemurkaan dan hukuman-Mu, serta berilah aku keberuntungan di dalamnya untuk membaca ayat-ayat-Mu dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih di antara yang pengasih."

Waktu terbaik untuk membaca doa ini adalah setelah menunaikan salat fardu minimal 1 kali.

Membaca doa-doa Ramadhan adalah suatu saran untuk meningkatkan iman serta ketakwaan diri kepada Allah SWT serta mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Selain doa tersebut, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, membaca Al-Quran, dan melakukan amal kebajikan sebagai bagian dari ibadah selama bulan Ramadhan.

Semoga bulan suci ini menjadi kesempatan bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah, memperbaiki diri, dan meningkatkan ketakwaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link